Sumsel Nihil Virus Corona, Bandara SMB II Dipasang Thermal Scanner

Kamis, 23 Januari 2020 - 14:33 WIB
Sumsel Nihil Virus Corona, Bandara SMB II Dipasang Thermal Scanner
Sumsel Nihil Virus Corona, Bandara SMB II Dipasang Thermal Scanner Images. Foto/SINDOnews/Dede Feb
A A A
PALEMBANG - Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, manajemen Angkasa Pura II memasang alat thermal scanner sebagai antisipasi masuknya virus corona ke wilayah Sumsel.

General Manager Angkasa Pura II Bandara SMB II Palembang, Fahroji mengatakan, sebagai upaya pencegahan dini masuknya virus tersebut, pihaknya telah memasang alat pemantau suhu panas tubuh manusia.

"Kita juga telah berkoordinasi dengan pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Nanti petugas bandara akan melakukan pemeriksaan kepada para penumpang dengan sistem tracking," ujar Fahroji kepada SINDOnews, Kamis (23/01/2020).

Dijelaskannya, alat tersebut bisa mendeteksi suhu tubuh para penumpang yang datang dari luar negeri. Jika suhu tubuh penumpang melebihi suhu manusia normal maka akan terdeteksi oleh alat tersebut.

"Jadi alat thermal scanner ini nantinya menembak secara computerized dan langsung ditracking. Jadi muncul di komputer terkait suhu tubuh para penumpang," jelasnya.

Hingga saat ini, kata Fahroji, pihaknya belum menemukan adanya penumpang dari luar negeri yang terdeteksi Virus Corona di bandara SMB II Palembang.

"Jika tidak terdeteksi virus tersebut, tentu mereka bisa melanjutkan perjalanan pulang ke rumah. Namun jika terdeteksi maka kita kirim ke rumah sakit Muhammad Hoesin Palembang sebagai rumah sakit rujukan untuk penyakit menular," ungkap Fahroji.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Palembang, Amelia mengatakan, hingga saat ini virus corona belum ditemukan pada penumpang. Kendati demikian, pihaknya tetap melakuan standar prosedur yang berlaku.

"Tidak hanya di bandara, deteksi dini virus ini juga dilakukan di sejumlah pelabuhan kargo seperti di Pelabuhan Boom Baru Kota Palembang dan Pelabuhan Sungai Lumpur, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dengan pemeriksaan menggunakan thermometer infrared yang ditujukan kepada awak kapal satu persatu," katanya.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9399 seconds (0.1#10.140)