Menlu Turki: Ankara Tidak Akan Kirim Penasihat Militer ke Libya

Kamis, 23 Januari 2020 - 20:41 WIB
Menlu Turki: Ankara Tidak Akan Kirim Penasihat Militer ke Libya
Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu mengatakan bahwa Ankara tidak akan lagi mengirim penasihat militer ke Libya. Foto/Reuters
A A A
ANKARA - Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu mengatakan bahwa Ankara tidak akan lagi mengirim penasihat militer ke Libya. Sebagai gantinya, ucap Cavusoglu, Turki akan berkomitmen pada upaya internasional untuk merekonsiliasi para pihak dalam konflik.

"Tidak. Kita semua sepakat bahwa selama gencatan senjata dihormati, tidak ada yang akan mengirim penasihat tambahan atau tentara atau tentara bayaran dari negara tetangga semua orang berkomitmen untuk itu," kata Cavusoglu, seperti dilansir Sputnik pada Kamis (23/1/2020).

Dia lalu mengatakan bahwa Ankara tidak akan meningkatkan kemungkinan sanksi terhadap Libya selama semua pihak dalam konflik menghormati gencatan senjata, dan sebaliknya akan melakukan upaya untuk memfasilitasi proses perdamaian.

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengatakan pada awal Januari bahwa pasukan Turki sudah dalam perjalanan ke Libya untuk mendukung Pemerintah Kesepakatan Nasional yang diakui secara internasional.

Namun, awal pekan ini Erdogan mengatakan pihaknya bukanya mengirimkann tentara ke Libya, melainkan hanya sebatas penasihat militer. Dia juga menyebut belum ada rencana untuk menambah jumlah penasihat militer Turki di Libya.
(don)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.6052 seconds (0.1#10.140)