Rentan Terinfeksi, Siswa Disarankan Tetap Belajar di Rumah

Kamis, 28 Mei 2020 - 09:23 WIB
loading...
Rentan Terinfeksi, Siswa Disarankan Tetap Belajar di Rumah
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sulitnya mengendalikan penyebaran Corona saat ini, terutama di area keramaian, membuat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyarakan agar kegiatan pembelajaran anak sekolah tetap dilaksanakan dalam bentuk jarak jauh.

Ketua Umum IDAI Aman Pulungan menyarankan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang sudah berlangsung lebih dari dua bulan ini harus tetap dilanjutkan. Menurutnya, cara itu menjadi alternatif terbaik jika kemungkinan wabah Corona belum tuntas pada Juli nanti. ( Baca:COVID-19 Sumsel 915 Kasus, Lebih dari Setengahnya Warga Palembang )

“Pembelajaran jarak jauh dan daring disarankan untuk tetap dilanjutkan, mengingat kemungkinan hingga Juli wabah belum teratasi dengan baik,” kata Aman dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews, Rabu 27 Mei 2020.

Khusus untuk anak usia dini, pembelajaran dapat dilakukan di lingkungan keluarga. Metode pelaksanaannya dapat dilakukan dengan memberikan stimulasi di berbagai ranah perkembangan anak.

“Dalam lingkungan penuh kasih sayang oleh anggota keluarga yang sehat,” katanya.

Aman menjelaskan, rekomendasi tersebut merupakan hasil dari evaluasi deteksi kasus pada anak secara mandiri yang menunjukkan bahwa anak juga rentan terinfeksi Corona.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, tercatat hingga 18 Mei 2020 jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) mencapai 3.324 anak. Adapun 129 anak berstatus PDP diketahui meninggal dunia.

Selain itu, ada 584 anak yang terkonfirmasi positif. Sebanyak 14 anak di antaranya meninggal akibat pandemi tersebut.

“Temuan ini menunjukkan bahwa angka kesakitan dan kematian anak akibat Covid-19 di Indonesia tinggi. Membuktikan tidak benar kelompok usia anak tidak rentan terhadap Covid-19 atau hanya akan menderita sakit ringan saja,” ujarnya.
(ihs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3222 seconds (0.1#10.140)