New Normal, 2 Masjid Besar Disiapkan untuk Sholat Bersama

Kamis, 28 Mei 2020 - 16:01 WIB
loading...
New Normal, 2 Masjid Besar Disiapkan untuk Sholat Bersama
Rencananya, New norma akan diawali dengan dibukanya dua masjid besar di Kota Lubuklinggau untuk sholat bersama pada Jumat (29/05/2020), besok. Foto SINDOnews
A A A
LUBUKLINGGAU - Penerapan new normal per 1 Juni akan mulai dilaksanakan secara bertahap oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau. Rencananya, new norma akan diawali dengan dibukanya dua masjid besar di Kota Lubuklinggau untuk sholat bersama pada Jumat (29/05/2020), besok. Kedua masjid itu adalah Masjid Agung As-Salam dan Masjid Agung Al-Baari.

Wali Kota Lubuklinggau SN Putra Sohe bersama Kapolres dan Dandim 0406 MLM sejak pagi telah meninjau persiapan Masjid Agung As-Salam dan Masjid Al-Baari. "Dua masjid ini sebagai pilot projek dan untuk masjid-masjid yang lain nanti menyusul," kata Prana, Kamis (28/05/2020). (Baca juga: New Normal, Para Orang Tua Keberatan Sekolah Dibuka Kembali)

Dijelaskan Prana, setelah pelaksanaan rapat bersama stake holder nanti, pelaksanaan sholat Jumat nanti sudah bisa dimulai di masjid-masjid lainnya, namun tetap mengedepankan protokol COVID-19.

"Yang pasti setiap masjid harus menekankan protokol medis yang ada, prokol kesehatan yang telah ditetapkan artinya masing-masing masjid harus mempersiapkan segala sarana dan prasananya, sebelum melaksanakan kegiatan di masjid,” jelasnya.

Selain itu juga setiap masjid harus mempunyai thermo gun dan bilik disinfektan serta tempat wudhu memang selama ini sudah ada untuk membersihkan diri. (Baca juga: New Normal Butuh Persiapan yang Sangat Matang Sekali dari Sekolah)

"Tapi nanti kita akan tambah tempat cuci tangan memakai sabun, dan yang paling utama shaf shalat harus berjarak minimal satu setengah meter dari baru ke bahu, seperti susun catur," terangnya.

Kemudian untuk ketetapan protokol tersebut akan terus dilaksanakan sampai dengan COVID-19 ini berakhir dan pemerintah pusat mengumumkannya secara resmi.

Sedangkan untuk tempat umum seperti mal dan tempat berdagang akan dilakukan pembukaan secara bertahap dan diwajibkan menerapkan prokol kesehatan. "Termasuk sekolah besok kita persiapkan tempat cuci tangannya, artinya kita siapkan infrastruktur atau sarana prasarannya dulu. Untuk ketentuannya kita tetap menunggu dari pusat," ujarnya.

Ketua Pengurus Harian Masjid Agung As-Salam Lubuklinggau, Luthfi Ishak mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan segala hal terkait pelaksanaan salat Jumat berjamaah besok. (Baca juga: Tahunan Tinggal di Atas Saluran Air, Nenek Ini Dipindah ke Panti)

"Kita sudah menyiapkan thermo gun, bilik disinfektan, semua sajadah sudah dilakukan penyemprotan desinfektan untuk petugas besok kita siapkan 16 orang," pungkasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1564 seconds (0.1#10.140)