Dewan Sarankan Kemendikbud Buka Sekolah Secara Bertahap

Jum'at, 29 Mei 2020 - 12:34 WIB
loading...
Dewan Sarankan Kemendikbud Buka Sekolah Secara Bertahap
Anggota Komisi X DPR Ferdiansyah menyarankan pembukaan sekolah di tengah pandemi COVID-19 disarankan dilakukan secara bertahap. Foto/dpr.go.id
A A A
JAKARTA - Pembukaan sekolah di tengah pandemi COVID-19 disarankan dilakukan secara bertahap untuk menghindari resiko penularan COVID-19 di daerah berbeda-beda, zona merah, oranye, hijau, dan kuning.

"Menurut saya sih jangan dilakukan serempak, seandainya pun, jangan diberlakukan serempak," ujar Anggota Komisi X DPR Ferdiansyah kepada SINDOnews, Jumat (29/5/2020).

Dia berpendapat rencana pembukaan sekolah itu perlu diuji coba. "Bisa misalnya bertahap, misalnya bertahap terhadap daerah yang hijau dulu, dipastikan tidak ada yang terkena di situ, sehat-sehat," katanya.

Politikus Partai Golkar ini mengakui bahwa pembukaan sekolah di tengah pandemi COVID-19 bukan hal yang mudah. Sebab, menyangkut nyawa manusia. (Baca juga: Warga Banyuasin Diperbolehkan Lagi Salat Berjamaah)

"Memang ribet, kan tiap daerah berbeda-beda, yang zona merah entar dulu," jelas legislator asal Dapil Jawa Barat XI ini.

Maka itu, dia meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) selalu berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 sebelum membuka sekolah di tengah pandemi.

"Karena ini kan masing-masing jenjang, jenis, pendidikan karakternya berbeda, atau budayanya berbeda," imbuhnya.

Setelah sekolah dibuka pun, menurut dia, masih ada beberapa yang perlu diperhatikan. Contohnya, proses belajar mengajar di sekolah secara bergiliran.

"Misalnya maksimum 20 orang dalam kelas, harus jaga jarak kan. Terus sekolah di situ sudah berbudaya kebersihan belum, bagaimana penyediaan sabunnya, tempat cuci tangan, harus prepare juga soal itunya," pungkasnya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4442 seconds (0.1#10.140)