Palembang Lakukan Rapid Test di Seluruh Pasar Tradisional

Jum'at, 29 Mei 2020 - 19:01 WIB
loading...
Palembang Lakukan Rapid Test di Seluruh Pasar Tradisional
Rapid Test akan dilakukan di seluruh pasar tradisional di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel). Foto SINDOnews
A A A
PALEMBANG - Rapid Test akan dilakukan di seluruh pasar tradisional di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel). Hal ini menyusul ditutupnya dua pasar, Kebon Semai dan Kebun Bunga, akibat ada pedagang di pasar tersebut terpapar Corona.

Dirut PD Pasar Palembang Jaya, Abdul Rizal mengatakan, pihaknya akan mulai melakukan rapid tes di pasar tradisional lain untuk mensterilkan dan memastikan kondisi pedagang terutama di pasar besar.

"Nanti akan kami rapatkan dengan Dinkes Palembang, Kodim, dan Polresta untuk membahas pasar mana saja yang selanjutnya akan dilakukan Rapid tes," ujarnya, Jumat (29/05/2020). (Baca juga: Masjid di Saudi Segera Gelar Salat Jumat dengan Protokol Covid-19)

Rapid tes juga telah digelar di Pasar Lemabang, Ilir Timur II. Ini sebagai upaya pencegahan agar pasar lain tak ditemukan kasus positif Covid-19. Selain itu, PD Padar juga rutin melakukan sterilisasi pasar dengan menyemprotkan disinfektan dan mengedepankan protokol kesehatan.

"Selain di Pasar Kebun Bunga, pagi ini rapid test juga dilakukan di Pasar Lemabang. Ini dilakukan untuk memastikan kondisi pedagang pasar aman. Tapi tidak ada penutupan di lasar tersebut," tegasnya. (Baca juga: Kabar Baik, Masjid di Kota Lubuklinggau Gelar Salat Jumat)

Terkait pedagang di pasar Kebun Bunga, dia menjelaskan meskipun pasien adalah istri si pedagang akan tetapi rapid tetap harus dilakukan karena pedagang tersebut sudah ada kontak dengan pedagang pasar yang lain.

Atas temuan ini, pasar Kebun Bunga ditutup selama satu minggu dan Rapid tes terhadap seluruh pedagang dilakukan. "Meskipun (positif) itu istrinya, tapi si pedagang ini kan bolak balik pasar. Artinya sudah ada kontak dengan Pasar makanya harus kita sterilkan," tandasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4149 seconds (0.1#10.140)