SBY Bicara Soal Kasus Jiwasraya, Begini Penilaian Pengamat

Jum'at, 31 Januari 2020 - 15:16 WIB
SBY Bicara Soal Kasus Jiwasraya, Begini Penilaian Pengamat
Direktur Eksekutif IPR Ujang Komarudin menduga Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ingin mengatakan, Jiwasraya dibobol saat ini, tapi yang disalahkan dirinya. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mendadak bicara tentang kasus Jiwasraya belakangan ini. Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin menduga Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ingin mengatakan, Jiwasraya dibobol saat ini, tapi yang disalahkan dirinya.

Hal itu dikatakan Ujang, untuk menilai dan menggambarkan tulisan dalam artikel SBY yang menyinggung kasus gagal bayar PT Jiwasraya. "(Diduga) dirinya (SBY) masih dikait-kaitkan dengan Jiwasraya yang sama sekali tak ada kaitan dengannya," kata Ujang saat dihubungi SINDOnews, Jumat (31/1/2020).

Menurut dia, sikap SBY jelas yakni, tidak ingin menyalahkan pemerintahan sekarang, namun tidak mau juga disalahkan. SBY dianggapnya ingin ada solusi terkait kasus Jiwasraya sehingga tidak ada sak wasangka di antara elit pemimpin. "Dalam kasus Jiwasraya ini juga. SBY secara halus menyingung DPR yang tidak mau membuat hak angket dan pansus untuk mengusut tuntas persoalan Jiwasraya," ujarnya.

Sementara, kata Ujang, kasus bail-out Bank Century yang terjadi di zaman SBY, dan nilai kerugian masih di bawah Jiwasraya saja berhasil dibentuk angket dan pansus di parlemen. "Itu artinya DPR setengah hati dan tak akan mau mengusut Jiwasraya secara tuntas. Jika persoalan Jiwasraya tidak bisa diselesaikan secara tuntas. SBY khawatir jika nanti memunculkan krisis yang lebih besar," ucapnya.
(don)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7205 seconds (0.1#10.140)