Kreasi Bahan Telur dan Rupa-Rupa Olahannya

Minggu, 02 Februari 2020 - 17:42 WIB
Kreasi Bahan Telur dan Rupa-Rupa Olahannya
Banyak variasi makanan yang dapat dikreasikan dari telur, khususnya telur ayam. Hampir semua olahan daging, ayam, ataupun ikan juga bisa diterapkan pada telur. Foto/Foxnews.com
A A A
JAKARTA - Telur termasuk bahan pangan yang paling mudah ditemukan dan sering diolah karena menjadi sumber protein yang mudah didapat.

Telur tak rumit kala dimasak, serta "ramah" di mulut karena bertekstur lembut dan enak. Ada banyak variasi makanan yang dapat dikreasikan dari telur, khususnya telur ayam.

Hampir semua olahan daging, ayam, ataupun ikan juga bisa diterapkan pada telur. Menurut buku resep Mudah Memasak Kuliner Nusantara, berikut ini beberapa kreasi telur yang bisa Anda coba di rumah.

Rebus
1. Telur direbus di dalam air dingin, bukan di dalam air mendidih agar temperaturnya tidak berubah secara tiba-tiba dan mengakibatkan kulitnya pecah. Selama direbus, telur sebaiknya diaduk sesekali, terutama di awal perebusan agar posisi kuning telur bisa berada di tengah.

2. Telur rebus boleh dimakan begitu saja alias digado, atau diolah kembali di dalam bumbu. Misalnya dengan dibuat gulai, telur petis, atau masak kecap.

3. Olahan telur rebus yang populer adalah pindang telur. Untuk membuatnya, telur direbus dulu sampai setengah matang lalu angkat dan retakkan kulitnya. Setelah itu, telur kembali direbus di dalam air yang sudah dicampur dengan sedikit daun teh dan berbagai bumbu. Ketika diangkat dan dikupas, telur akan bermotif cantik.

4. Telur rebus bisa juga dibuat tanpa kulit. Jadi telur dipecahkan saja di dalam air mendidih dan dibiarkan hingga matang. Sering disebut telur ceplok rebus. Telur ceplok rebus boleh dimakan begitu saja ataupun diolah lagi di dalam sup.

5. Telur juga dapat langsung dimasukkan ke dalam sup dan diaduk hingga menjadi serabut-serabut menarik. Caranya, telur harus dimasukkan saat sup sudah mendidih.

Goreng
1. Telur goreng sering juga disebut telur ceplok atau telur mata sapi. Membuatnya sangat mudah, yaitu telur dipecahkan langsung ke dalam minyak yang sudah dipanaskan.

2. Telur bisa digoreng sampai matang atau dibiarkan setengah matang (bagian putihnya saja yang matang, kuningnya belum terlalu matang). Telur goreng ini bisa dimakan begitu saja, tapi akan lebih enak kalau dimakan bersama kecap manis. Seperti telur rebus, telur ceplok juga bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan. Misalnya dibuat opor, rendang, atau sambal goreng.

Tumis
Telur yang ditumis bisa direbus atau langsung dipecahkan ke dalam tumisan. Keduanya sama-sama enak, tergantung selera Anda. Bumbu tumisan boleh diperkaya dengan kecap manis, tauco, ataupun terasi.

Dadar
1. Telur dadar termasuk olahan yang paling sering dibuat. Cocok disajikan pada saat sarapan atau kapan saja saat tidak ada masakan di rumah.2. Telur dadar dapat dikombinasikan dengan ayam, daging sapi, ikan, atau udang. Termasuk sayuran, jamur, dan dipadukan dengan berbagai bumbu. Misalnya dibumbu opor, atau pakai bumbu ayam goreng.3. Telur dadar bisa disantap bersama nasi atau sebagai isi roti.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.7586 seconds (0.1#10.140)