JAT Siapkan 15 Manuver di Singapore Airshow 2020

Selasa, 04 Februari 2020 - 10:32 WIB
JAT Siapkan 15 Manuver di Singapore Airshow 2020
Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI Angkatan Udara akan kembali menunjukkan kemampuan dalam berakrobatik udara pada iven Singapore Airshow pada 6 Februari ini. Foto SINDOnews
A A A
PALEMBANG - Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI Angkatan Udara akan kembali menunjukkan kemampuan dalam berakrobatik di udara. Di iven Singapore Airshow pada 6 Februari mendatang, tim ini akan menampilkan 15 manuver andalan kepada para pengunjung even tersebut di Singapura.

Leader JAT, Letkol Pnb Muhammad Yunus l, mengatakan, kelimabelas manuver tersebut diyakini akan menarik perhatian dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi TNI AU. Bersama kru lainnya, timnya sudah siap untuk tampil di Singapore Airshow 2020.

"Kami sudah latihan selama dua bulan. Karena Singapura berbeda dengan di Langkawi atau di tempat lain, kami sudah memaksimalkan latihan. Ada banyak manuver baru di airshow nanti. Secara total ada 15 manuver," ujar Yunus saat diwawancarai SINDOnews di Lanud Sri Mulyono Herlambang (SMH) Palembang, Selasa (04/02/2020).

Beberapa jenis manuver akan ditampilkan pada Singapore Airshow 2020, kata Yunus, diantaranya yakni plaferlip, jupiter roll, dan lainnya. Adapun manuver yang akan ditampilkan itu sudah dilihat dan dicek langsung oleh Kepala Staf TNI beberapa waktu lalu.

"Target kami yakni menampilkan manuver yang terbaik yang sudah kita latih selama ini, sebagai presentatif untuk TNI AU dan bangsa serta negara," lanjutnya.

Yunus mengatakan, JAT sudah tiga kali mengikuti even serupa yakni pada 2014, 2016 dan 2020 ini. "Untuk even ini kita menggunakan tujuh pesawat, dimana ada 15 kru dan 45 drone kru lainnya. Untuk even kali ini kita memang ada perubahan personil karena regenerasi dan mutasi," ucapnya.

Menurutnya, pada gelaran Singapore Airshow 2020 kali ini memiliki tantangan berbeda yakni adanya virus korona. Namun meski mengkhawatirkan, tim JAT tidak lantas patah semangat dan takut.

"Kita sudah siap-siap untuk tantangan itu. Kita sudah diperiksa kesehatan oleh dokter dan sudah disiapkan obat-obatan khusus. Kru penerbang sudah di briefing juga soal virus korona ini. Harapan kita, kita bisa ikuti Singapore Airshow ini dengan lancar dan aman," kata dia.

Sementara itu, Kadislog Lanud SMH Palembang, Letkol (Kal) Pander E Sianipar mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan tim JAT yang beristirahat di base ops tersebut.

"Kita sudah siapkan tim dan berkoordinasi melengkapi sarana dan prasarana JAT yang menginap dan mendarat di wilayah kita. Ini merupakan kebanggaan Palembang karena dengan mendaratnya mereka kesini, maka para pelajar dan masyarakat bisa langsung melihat pesawat yang akan digunakan untuk even internasional yang membanggakan Indonesia itu," tandasnya.
(don)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8687 seconds (0.1#10.140)