PON XX di Papua, Kepala BIN-TNI-Polri Jamin Keamanan

Selasa, 04 Februari 2020 - 16:32 WIB
PON XX di Papua, Kepala BIN-TNI-Polri Jamin Keamanan
Foto/ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Budi Gunawan bersama TNI dan Polri menjami keamanan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) ke-XVI di Papua nanti.

Pihaknya juga sudah melakukan pemetaan terkait potensi-potensi gangguan nyata di Papua.

“Dari deteksi dan pemetaan ada beberapa potensi kerawanan, yang sudah kita lakukan operasi gabungan dalam rangka untuk mencegah, kemudian memotong potensi-potensi tersebut agar lebih tidak menjadi gangguan yang nyata,” ujar Budi seusai Ragab bersama Pimpinan DPR, Pimpinan Komisi I, Pimpinan Komisi II, Pimpinan Komisi III, Pimpinan Komisi X, Menpora, Mendagri, Wakapolri, TNI dan Pemprov Papua di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (4/2/2020).

Budi memaparkan, rencananya PON ke-XX dan Peparnas ke-XVI nanti juga dihadiri oleh beberapa kepala negara dan juga duta besar, di samping atlet, juga official.

Kemudian, ada empat daerah yang melaksanakan pertandingan ini di antaranya Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika dan Marauke.

Menurut Budi, secara umum, BIN bersama TNI dan Polri telah melaksanakan operasi gabungan, baik operasi intelijen, operasi pemulihan keamanan, dan menjaga stabilitas keamanan. Dan pihaknya dapat menjamin pengamanan dalam penyelenggaraan PON ke-XX dan Peparnas ke-XVI nanti.

“Sampai dengan saat ini dan prediksi ke depan keamanan bisa kita jaga dan tentu ada pola-pola sistem pengamanan baik itu terbuka-tertutup, termasuk Waskita yang kita lakukan karena ada kunjungan kehadiran dari beberapa kepala daerah khususnya di negara-negara Asia-Pasifik,” tegas mantan Wakapolri itu.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.6235 seconds (0.1#10.140)