Ingin Cepat Menurunkan Berat Badan? Coba 5 Makanan Ini

Rabu, 05 Februari 2020 - 10:33 WIB
Ingin Cepat Menurunkan Berat Badan? Coba 5 Makanan Ini
Ada 5 makanan yang dapat mempercepat metabolisme dan bisa menurunkan berat badan, mulai kopi hitam hingga minyak kelapa. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Metabolisme disebut sebagai proses, di mana tubuh mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi, yang diperlukan untuk melakukan fungsi normal. Tingkat metabolisme yang lebih tinggi berarti Anda akan menurunkan berat badan lebih cepat.

Salah satu cara paling sederhana untuk mempercepat metabolisme adalah dengan melakukan aktivitas fisik apapun. Melakukan olahraga yang intens membantu membakar lebih banyak kalori dan menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan.

Tetapi ada cara lain untuk mempercepat proses pembakaran kalori dan itu adalah dengan mengkonsumsi makanan yang tepat, apa saja? Seperti dilansir Times of India, berikut 5 makanan yang untuk mempercepat metabolisme saat mencoba mengurangi berat badan.

1. Capsaicin

Capsaicin adalah komponen aktif yang ditemukan dalam cabai dan memberi rasa pedas. Jadi, tambahkan capsaicin dalam diet untuk membantu meningkatkan metabolisme dengan meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar.

Sekitar 20 penelitian menunjukkan bahwa capsaicin dapat membantu tubuh membakar 50 kalori ekstra per hari. Jalapenos, habaneros dan cabai rawit adalah beberapa makanan umum yang mengandung capsaicin.

2. Kopi hitam

Kopi mungkin tidak dianggap sebagai minuman yang sehat, tetapi dalam hal penurunan berat badan, kopi hitam bisa bermanfaat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan laju metabolisme hingga 11 persen.

Minum 270 mg kafein setiap hari dapat membantu membakar 100 kalori ekstra setiap hari. Mungkin juga membantu untuk meningkatkan kinerja olahraga yang Anda lakukan.

3. Sari cuka apel

Minum sari cuka apel setiap hari membuat Anda lebih kenyang di antara waktu makan dan membantu mengurangi lemak perut. Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa sari cuka apel meningkatkan jumlah lemak yang dibakar untuk energi.

Tambahkan 1 sendok teh sari cuka apel dalam setengah gelas air dan minumlah setiap hari. Jika Anda memiliki ramuan ini dengan makanan tinggi karbohidrat, Anda akan makan sekitar 200-275 kalori lebih sedikit untuk sisa hari itu.

4. Makanan kaya protein

Asupan protein tidak hanya diperlukan untuk membangun massa otot, tetapi bahkan penting untuk membakar kalori. Mengonsumsi makanan yang mengandung protein seperti ikan, telur, susu, kacang-kacangan, kacang-kacangan dan biji-bijian, dapat meningkatkan metabolisme selama beberapa jam. Mengkonsumsi makanan kaya protein juga membuat Anda kenyang untuk waktu yang lebih lama, mencegah makan berlebihan.

5. Minyak kelapa

Minyak kelapa dianggap sangat baik ketika mencoba membuang lemak karena dikemas dengan medium-chain triglycerides (MCTs). Beberapa penelitian menunjukkan bahwa MCT dapat meningkatkan laju metabolisme lebih dari lemak rantai panjang. Menurut beberapa peneliti, asupan harian 30 ml minyak kelapa dapat membantu mengurangi ukuran pinggang pada orang gemuk.
(don)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9402 seconds (0.1#10.140)