Presiden AS Terima Kunjungan Pemimpin Oposisi Venezuela

Kamis, 06 Februari 2020 - 17:18 WIB
Presiden AS Terima Kunjungan Pemimpin Oposisi Venezuela
Presiden AS Donald Trump sambut pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido di Gedung Putih, Washington. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Gedung Putih menyambut kunjungan pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido untuk bertemu Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Kunjungan itu sehari setelah Trump menggunakan pidato nasionalnya untuk mendukung upaya Guaido menggulingkan Presiden Venezuela Nicolas Maduro.

"Kunjungan itu peluang untuk menegaskan kembali komitmen AS pada rakyat Venezuela dan membahas bagaimana kita dapat bekerja dengan Presiden Guaido untuk mendorong transisi demokrasi di Venezuela yang akan mengakhiri krisis yang sedang berlangsung," ungkap pernyataan Gedung Putih, dilansir Reuters.

Gedung Putih menganggap pemerintahan Maduro sebagai kediktatoran ilegal. AS berjanji berdiri bersama rakyat Venezuela untuk memastikan masa depan Venezuela yang demokratis dan sejahtera.
Guaido merupakan ketua Majelis Nasional yang dikuasai oposisi. Dia diakui sebagai presiden yang sah oleh puluhan negara termasuk AS.

Selama hampir tiga pekan, Guaido menggelar tur internasional untuk menggalang dukungan. Guaido menjadi tamu saat pidato State of Union, saat Trump memuji dia sebagai "pria sangat berani yang membawa harapan, mimpi dan aspirasi semua rakyat Venezuela."

Guaido mendapatkan sambutan standing ovation dari para anggota Kongres AS yang terdiri atas Partai Demokrat dan Partai Republik. Maduro masih memimpin Venezuela yang sedang mengalami krisis ekonomi. Dia dituduh melakukan korupsi dan pelanggaran hak asasi manusia. Maduro menyebut Guaido sebagai boneka AS yang ingin menggulingkannya melalui kudeta.
(don)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1421 seconds (0.1#10.140)