alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pemkab Banyuasin Hibahkan Tanah, Lanal Palembang Segera Miliki Lapangan Tembak

Dede Febriansyah
Pemkab Banyuasin Hibahkan Tanah, Lanal Palembang Segera Miliki Lapangan Tembak
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin menghibahkan lahan seluas dua hektare di Desa Bunga Karang Tanjung lago, untuk digunakan sebagai lapangan tembak Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Palembang. Foto SINDOnews

PALEMBANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin menghibahkan lahan seluas dua hektare di Desa Bunga Karang Tanjung lago, untuk digunakan sebagai lapangan tembak Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Palembang.

Penyerahan hibah tanah tersebut diberikan langsung oleh Bupati Banyuasin, Askolani kepada Danlanal Palembang, Kolonel Laut (P) Saryanto di Aula Lanal Palembang, Selasa (18/02/2020). Askolani mengatakan, selain menghibahkan dua hektare lahan, Pemkab Banyuasin juga akan membangunkan gedung lapangan tembak bagi Lanal Palembang.

Selain menghibahkan lahan bagi pembangunan lapangan tembak, Askolani juga mengatakan, pihaknya siap menghibahkan lahan dengan areal yang lebih luas bagi Lanal Palembang jika bersedia memindahkan markas Lanal Palembang dari Kota Palembang ke Kabupaten Banyuasin.



"Kalau Danlanal mau pindahkan kantor Lanal Palembang ke Banyuasin kita juga akan siapkan lahan. Saya lihat markas Lanal Palembang saat ini cuma 7.000 meter persegi, di Banyuasin kita siapkan 20-30 hektar," ujar Askolani. Untuk pembangunan lapangan tembak Lanal Palembang, Askolani mengungkapkan akan dilakukan dalam waktu dekat. "Kita targetkan selesai di akhir tahun ini juga," jelasnya.

Tak hanya menghibahkan lahan, Askolani juga memberikan penghargaan kepada tim F1QR Lanal Palembang atas keberhasilan prajurit menggagalkan penyelundupan sabu sebanyak 79 kilogram di wilayah perairan Banyuasin akhir tahun lalu. "Wilayah tugas Lanal Palembang ini hampir 60 persen berada di perairan Banyuasin. Jadi kami sangat mengapresiasi kinerja TNI AL," jelas Askolani.

Sementara itu, Danlanal Palembang, Kolonel Laut (P) Saryanto mengatakan, Lanal Palembang memiliki wilayah cukup luas dalam menjaga daerah perairan dari Palembang hingga Jambi. Pemberian hibah lahan ini menjadi motivasi pihaknya dalam meningkatkan kinerja para prajurit TNI AL.

Terkait adanya tawaran untuk memindahkan Lanal Palembang ke Banyuasin,  Saryanto mengaku akan mempertimbangkan tawaran tersebut dan akan segera mempelajari teknisnya terlebih dahulu dan akan komunikasikan ke tingkat pusat. "Tentu kita sangat terbuka dengan tawaran ini. Selanjutnya akan kita dalami lagi dan pelajari teknisnya," jelasnya.



(don)