Gelar Exit Meeting, Menang Ingin Penyelenggaraan Ibadah Haji Berkualitas

Minggu, 18 Agustus 2019 - 09:29 WIB
Gelar Exit Meeting, Menang Ingin Penyelenggaraan Ibadah Haji Berkualitas
Menag sekaligus Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin memimpin exit meeting dengan Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel, pimpinan PPIH Arab Saudi, dan delegasi Amirul Hajj di Jeddah, Sabtu (17/8/2019) sore. Foto/MCH/Bahauddin Raj
A A A
JEDDAH - Menteri Agama sekaligus Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin menggelar exit meeting guna membahas perkembangan penyelenggaraan haji 2019 di Jeddah, Sabtu sore (17/8/2019) waktu setempat.

Pertemuan itu diikuti Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel, pimpinan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 2019, dan seluruh delegasi Amirul Hajj.

"Meski belum selesai penyelenggaraan haji tahun ini, tapi setidaknya di tengah-tengah penyelenggaraan haji tahun ini apalagi pascawukuf, kita bisa mendapatkan hal-hal yang sifatnya pokok yang bisa dicermati dan kita kembangkan ke depan," kata Menag usai exit meeting.

Menurut Menag, ada beberapa masukan dari delegasi Amirul Hajj, utamanya terkait peningkatan kualitas ibadah jamaah haji.

Buku-buku manasik haji perlu terus dilengkapi dengan tata cara berhaji ditambah hal-hal yang lebih substantif dari ritual prosesi haji yang tahapannya sangat panjang.

Misalnya terkait pemaknaan wukuf, tawaf, sai dan lain sebagainya. Hal-hal seperti itu perlu diberikan porsi yang cukup, sehingga harapannya kemabruran itu tidak hanya diukur dari kesalehan personal tapi juga terefleksikan pada kepedulian sosial seluruh jamaah haji Indonesia.

"Oleh karenanya saya menyatakan bahwa tahun depan harus kita jadikan tahun peningkatan kualitas ibadah," ujar Menag.

Selain melengkapi buku panduan haji, petugas pembimbing ibadah juga perlu ditambah agar jumlahnya lebih proporsional dengan jamaah haji yang ada.

Proses rekrutmennya juga akan lebih selektif, sehingga kualitas pembimbing ibadah juga meningkat.

Exit meeting merupakan evaluasi awal. Setelah nanti pelaksanaan haji tahun ini berakhir, evaluasi menyeluruh akan kembali dilakukan.

"Pada saatnya nanti evaluasi akhir, kita bisa melihatnya secara keseluruhan. Namun setidaknya sekarang ini kami merasa apa yang menjadi harapan kita sebagian besar sudah bisa terpenuhi," katanya.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.9990 seconds (0.1#10.140)