alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gunakan Robot, Proses Ganti Ban Cukup 10 Menit

Wahyu Budi Santoso
Gunakan Robot, Proses Ganti Ban Cukup 10 Menit
Robot ini mampu mengganti sebuah ban hanya dalam waktu 10 menit. Foto/Ist

NEW YORK - Kemajuan teknologi yang berkembang setiap hari kian melesat cepat. Berbagai industri berlomba-loba menyematkan teknologi dalam setiap inovasi.

Salah satu simbol kemajuan teknologi adalah kehadiran robot. Beragam robot diciptakan untuk mengemban tugas tertentu. Misalnya, mengganti ban menggunakan bantuan robot.

Jika biasanya mengganti ban secara manual membutuhkan waktu cukup lama, dengan penggunaan robot proses tersebut bisa dipangkas lebih cepat.



Adalah RoboTire yang mampu mengerjakan tugas tersebut. Robot ini mampu mengganti sebuah ban hanya dalam waktu 10 menit. Prosesnya mudah, tanpa harus bersusah payah mengeluarkan tenaga saat mengganti ban.

“RoboTier berupaya memenuhi kebutuhan dalam mengganti ban kendaraan lebih cepat dan lebih baik,” kata perusahaan pengembang RoboTier, dalam iklannya, yang dikutip dari Ubergizmo, Rabu (26/2/2020).

Jika berbicara mengenai robot, tentu terbayang harga yang fantastis. Lumrah saja, karena penciptaan robot memerlukan upaya yang tidak mudah.

Sama halnya dengan RoboTier. Robot ini dijual dengan harga USD250 ribu atau sekitar Rp3,4 miliar. Meskipun mahal, tetapi jika bengkel menggunakannya, sepertinya proses pengerjaan ban bisa lebih efisien.

Diperkirakan setiap menggunakan jasa RoboTier, penggantian satu ban bakal dikenakan biaya sekitar USD5 sampai USD10 atau setara Rp70 ribu sampai Rp130 ribu.



(boy)