5 Cara Menjaga Keamanan Keluarga saat Berselancar Internet

Minggu, 18 Agustus 2019 - 16:35 WIB
5 Cara Menjaga Keamanan Keluarga saat Berselancar Internet
5 Tips Keamanan Keluarga saat Menggunakan Internet. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Anak-anak saat ini tumbuh besar dengan teknologi. Pemahaman rekam jejak digital atau digital footprint sangatlah penting agar terhindar dari bahaya kejahatan cyber.

Google berinisatif menetapkan batasan dan menggunakan teknologi dengan cara yang sesuai kebutuhan keluarga lewat tagar #KeluargaCerdas Berinternet.

“Perlindungan dan pengaturan telah dikembangkan dan integrasi ke dalam banyak produk kami untuk memungkinkan orang tua memilih pengalaman dan pengaturan yang tepat untuk keluarga mereka,” ujar Lucian Teo, User Education and Outreach Manager, Trust & Safety, Google APAC. Bagaimana caranya?

1. Aturan Digital lewat Family Link

Family link membantu orang tua memahami perilaku anak saat menjelajahi internet. Termasuk mengawasi waktu penggunaan perangkat dan membatasi akses harian, mereko mendasikan aplikasi dari guru, mengunci perangkat anak dari jarak jauh, melihat aktivitas anak, melihat lokasi keberadaan anak, serta mengelola akun dan aplikasi yang digunakan anak.

2. Blokir Situs Dewasa di Google Search

SafeSearch dirancang untuk memblokir gambar, video, dan situs dewasa dari hasil penelusuran Google s earch untuk menghindari konten pornografi dan kekerasan.
Namun, SafeSearch tidak sempurna. Orang tua mungkin masih menemukan hasil penelusuran eksplisit. Jika demikian, bisa dilaporkan.
Laporan dan masukan dapat membantu Google menyempurnakan Safe Search.

3. Gunakan Asisten Google

Asisten Google memiliki banyak fungsi. Mulai memberikan saran permainan untuk dimainkan bersama keluarga, hingga permainan seperti tebak gambar.
Saat ini ada lebih dari 50 permainan, aktivitas, dan cerita dalam program Assistant for Families .
Setiap aktivitas ini telah ditinjau dan disetujui oleh tim Trust and Safety.
Dengan family link, pengguna bisa memblokir akses anak-anak agar tidak bisa melakukan transaksi keuangan, dan orang tua dapat menentukan apakah anak-anak diperbolehkan mengakses aplikasi pihak ketiga di asisten atau tidak.

4. Aman di Google Play

Untuk membantu Anda menentukan konten yang cocok bagi anak, baca ulasan dan cari ikon bintang keluarga di aplikasi atau game.
Ikon bintang ini menandakan bahwa konten telah ditinjau dengan saksama, dan aplikasi atau game tersebut dikembangkan dengan mengutamakan anak-anak.
Periksa juga rating konten untuk memahami tingkat kedewasaan suatu aplikasi dan mengatur filter berdasarkan rating.

5. Gunakan YouTube Kids

YouTube Kids cocok bagi keluarga dan anak-anak untuk mengeksplorasi konten sesuai minatnya. Orang tua juga bisa memasang timer untuk membatasi waktu anak-anak menonton video.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2119 seconds (0.1#10.140)