Liverpool Andalkan Rekor Kandang Hadapi Atletico di Anfield

Rabu, 11 Maret 2020 - 14:56 WIB
Liverpool Andalkan Rekor Kandang Hadapi Atletico di Anfield
Di ajang Liga Champions, The Reds belum pernah kalah dalam 17 pertandingan terakhir. Foto/Dok
A A A
LIVERPOOL - Setelah dikalahkan Atletico Madri 0-1 pada leg pertama 16 besar liga Champions, pelatih Liverpool Juergen Klopp menegaskan jika pertandingan belum usai. "Saya melihat begitu banyak wajah bahagia malam ini dari Atletico. Saya mengerti karena ini kemenangan besar, tetapi belum berakhir,” kata Klopp, seusai laga, dikutip Marca (20/2).

Sebenarnya wajar jika Atletico melakukan selebrasi besar setelah berhasil mengalahkan Liverpool. Saat datang ke Stadion Wanda Metropolitano, The Reds datang dengan reputasi besar. Mereka tidak saja membawa status juara bertahan Liga Champions, juara Piala Dunia Antarklub, tapi juga belum tersentuh kekalahan di Kompetisi Liga Primer.

Saat itu, seperti belum ditemukan celah bagaimana menjinakkan Jordan Henderson dkk. Satu-satunya tim yang bisa menundukkan Liverpool sebelum Atletico hanyalah Napoli di fase grup Liga Champions. "Leg kedua akan dimainkan di stadion berbeda, stadion kami, dan itu akan berbeda juga. Atletico akan merasakan itu dan itulah yang kami harapkan,” tandas Klopp, mengancam.

Mantan pelatih Borussia Dortmund itu tidak sekadar mengancam. Di ajang Liga Champions, The Reds belum pernah kalah dalam 17 pertandingan terakhir. Mereka terakhir kali merasakan kekalahan di Anfield saat menjamu Real Madrid pada 23 Oktober 2014 atau hampir enam tahun lalu. Saat itu, mereka menyerah tiga gol tanpa balas. Gol Madrid yang dicetak Karim Benzema dua gol dan satu dari Cristiano Ronaldo.

Sementara secara keseluruhan, mereka tidak pernah kalah lebih dari 35 pertandingan resmi yang digelar di Anfield. Statistik ini yang menjadi ujian Klopp saat melawan Atletico. Apalagi, situasi The Reds sedang tidak stabil.

Mereka baru saja menelan kekalahan pertama di Liga Primer dan tersingkir dari Piala FA dari Chelsea. Pada saat bersamaan, Atletico hanya butuh imbang untuk lolos. Target itu bisa membuat pasukan Diego Simeone cenderung bertahan. Atletico adalah salah satu tim dengan pertahanan terbaik di Eropa.

Klopp juga berhadapan dengan kondisi Andy ‘Robbo’ Robertson dan Allison yang memiliki masalah kebugaran. “Apa yang saya dengar, seharusnya mungkin (bermain melawan Atletico). Robbo seharusnya tidak menjadi masalah. Dia hanya absen hari ini, ” kata Klopp.

Atletico bisa datang dengan kekuatan terbaik. Ini akan menjadi pertama kalinya Simeone memiliki skuad dengan komposisi terbaik untuk mencoba dan mempertahankan keunggulan satu gol, dini hari nanti.

Alvaro Morata, yang mengalami cedera pada paha saat pertandingan Atletico melawan Sevilla, diperkirakan akan bermain melawan Liverpool "dalam kondisi baik".

Kieran Trippier dan Joao Felix ambil bagian dalam sesi grup dan Thomas Lemar juga telah kembali setelah mengalami cedera pada leg pertama melawan The Reds. Bek kiri Renan Lodi juga dilatih tanpa masalah setelah dikeluarkan dari skuad Sevilla dengan ketidaknyamanan otot.

Keinginan memanfaatkan laga kandang sebagai tumpuan lepas dari tekanan juga dilakukan Paris Saint-Germain (PSG). Menjamu Borussia Dortmund di Parc des Princes menjadi kesempatan tuan rumah membalikkan situasi tertinggal 1-2 pada leg pertama.

Laga ini juga menjadi panggung dua pemain yang sedang naik daun, Erling Haland dan Kylian Mbappe. Pada leg pertama, Haland berhasil mencuri perhatian dengan dua gol yang menjadi penentuan kemenangan Dortmund. Sementara Mbappe gagal membuat gol. Satu-satunya gol PSG berasal dari Neymar.

Pertandingan akan digelar tanpa penonton setelah Pemerintah Prancis melarang kerumunan lebih dari seribu orang dalam satu kesempatan. Langkah ini diambil bagian dari antisipasi penyebaran virus corona yang mulai melanda Prancis.
(don)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.7869 seconds (0.1#10.140)