Ajak Cintai Satwa, Taman Safari Indonesia Gelar Kompetisi Foto

Minggu, 25 Agustus 2019 - 10:23 WIB
Ajak Cintai Satwa, Taman Safari Indonesia Gelar Kompetisi Foto
Taman Safari Indonesia gelar kompetisi foto. Foto/SINDOnews/Miftachul Chu
A A A
DENPASAR - Taman Safari Indonesia (TSI) menggelar lomba foto bertajuk International Animal Photo Competition (IAPC) 2019. Ajang ini merupakan bagian dari kampanye untuk mencintai satwa.

Bali Safari Park, salah satu unit konservasi TSI, dipilih menjadi lokasi kompetisi tahunan ini.

"Lewat lomba ini, kami ingin mengajak semua orang mencintai satwa," kata Ketua Penyelenggara IAPC 2019 Hans Manangsang, Minggu (25/8).

Dia menilai, lomba foto cukup efektif sebagai media kampanye mencintai satwa. Sebab, para insan fotografer dituntut mengetahui cerita kehidupan satwa.

Dari situ, fotografer akan menemukan angle yang tepat dan lalu membidikkan kamera. Kemudian, hasil bidikan kamera dengan angle sempurna itu memiliki pesan yang dituangkan ke dalam sebuah caption foto.

Di sinilah, foto akan menyampaikan pesan tentang ajakan mencintai satwa. Hans menjelaskan, kompetisi ini telah memasuki tahun ke-29, sejak pertama kali digelar pada tahun 1990.

Selain di Bali Safari Park, ajang serupa juga diadakan di Taman Safari Bogor dan Tamam Safari Prigen.

Menurutnya, kampanye mencintai satwa harus selalu dilakikan mengingat masih tingginya ancaman kelangsungan hidup satwa di alam bebas.

"Satwa itu bukan untuk dibunuh tapi untuk hidup berdampingan dengan manusia," tandas Hans.

TSI, kata dia, konsisten pada konservasi satwa yang populasinya terdesak. "Kami mengambil peran dengan merawat sekitar 5 ribu hewan dari 300-an spesies," tutup Hans.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7009 seconds (0.1#10.140)