Corona Merebak, YLKI Imbau Tenaga Medis Dilengkapi Pelindung Diri

Selasa, 17 Maret 2020 - 16:03 WIB
Corona Merebak, YLKI Imbau Tenaga Medis Dilengkapi Pelindung Diri
Simulasi penanganan pasien Corona. Foto: Dok/SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Pemerintah daerah di Tanah Air diminta memperhatikan tenaga medis yang menangani kasus virus Corona atau Covid-19. Tenaga medis harus dilindungi oleh alat pelindung diri (APD) yang baik.

Permintaan itu disampaikan Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi kepada wartawan di Jakarta, Selasa (17/3/2020).

"Agar para tenaga medis dan para medis dilengkapi dengan APD yang memadai dan standard. Sebab, jika mereka bekerja tanpa APD yang memadai, sangat berisiko bagi dirinya; dan akan makin menyulitkan dalam melayani pasien, apalagi jika kasus Covid-19 terus mengalami outbreak," kata Tulus.

Dia juga meminta, jam kerta tenaga medis dan para medis mendapat perhatian khusus. Sebab, menurut dia, jika jam kerja tak diperhatikan, maka sulit bagi mereka untuk menjaga imunitas dirinya. Alih-alih malah jatuh sakit dan mudah terinveksi virus.

"Pemerintah segera menambah keberadaan alat kesehatan yang mendesak untuk pelayanan Covid-19, khususnya ventilator. Alat ini mutlak harus ada demi proses penyelamatan pasien. Persediaan ventilator kini makin menipis, seiring dengan bertambahnya pasien Covid-19," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Pemprov DKI Jakarta berikan insentif kepada para tenaga medis yang terlibat dalam penanganan Covid-19 sebesar Rp215.000 per hari.

Sebab, selain memiliki beban yang tidak ringan, tenanga medis adalah orang-orang yang paling berisiko terpapar.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8570 seconds (0.1#10.140)