Gubernur Sumsel: Untuk Sementara Waktu, Jangan Mudik Dulu

Senin, 30 Maret 2020 - 14:33 WIB
Gubernur Sumsel: Untuk Sementara Waktu, Jangan Mudik  Dulu
Larangan Pulang Kampun dari Gubernur Herman Deru. Foto/SINDOtv/Era NW
A A A
PALEMBANG - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru secara tegas melarang sementara waktu warga Bumi Sriwijaya yang saat ini sedang merantau untuk mudik atau pulang kampung.

"Perpindahan masyarakat dari satu daerah ke daerah lain atau yang kini disebut transmisi lokal menjadi media paling aktif dalam menyebarakan corona," kata Herman Deru, Minggu kemarin (29/3/2020).

Deru bilang, masyarakat kini belum banyak menyadari, mereka telah terpapar virus itu atau belum. Maka dari itu, warga Sumatera Selatan (Sumsel) yang saat ini merantau atau sedang berada di daerah lain, untuk sementara waktu tidak pulang kampung.

“Bukan hanya tidak boleh mudik, mereka juga saya imbau untuk menghindari risiko penularan, seperti datang ke acara yang banyak mengumpulkan massa," tambah Deru. ( Baca: Pasokan Listrik Sumbagsel, Tengah dan Utara Semakin Kuat )

Menurut Gubernur, transmisi lokal merupakan penyebab aktif penularan virus itu saat ini. Pemprov Sumsel sendiri juga telah meminta semua pemerintah di kabupaten dan kota agar dapat aktif bersama-sama memastikan kondisi di daerahnya aman.

"Kepala daerah di Sumsel sudah saya ingatkan agar setiap ada warganya yang baru pulang dari daerah zona merah segera dilacak, dan ambil tindakan antisipasi sesuai prosedur," katanya.

Herman Deru mengatakan, tindakan tersebut semata-mata merupakan upaya agar lebih meminimalisasi postensi penyebaran virus tersebut, serta membuat masyarakat lebih terlindungi. Tak hanya itu, pemprov bersama pemerintah daerah juga memperketat pintu masuk ke Sumsel.

“Pengawasan di seluruh pintu masuk baik laut, udara, dan darat sudah diawasi secara maksimal,” tutup Deru.
(ihs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.6071 seconds (0.1#10.140)