OKI Naik Status Tanggap Darurat, Pendatang Diawasi Super-Ketat

Senin, 30 Maret 2020 - 18:40 WIB
OKI Naik Status Tanggap Darurat, Pendatang  Diawasi Super-Ketat
Pemkab OKI Tingkatkan Status Menghadapi Corona. Foto/SINDOnews/NovanWijaya
A A A
OGAN KOMERING ILIR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI) resmi meningkatkan status siaga darurat corona menjadi tanggap darurat. Peningkatan status itu merupakan hasil rapat terbatas yang dilakukan oleh Pemkab OKI bersama Polres OKI dan Kodim 0402/OKI beserta sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh agama. Rapat itu langsung dipimpin oleh Bupati OKI H. Iskandar SE, Senin (30/03).

Pemkab, menurut Iskandar, tidak ingin mengambil risiko yang lebih besar dan tidak ingin menunggu ada yang terjangkit sehingga menetapkan status tanggap darurat ini. “Kami mementingkan masyarakat OKI agar tidak terjadi suatu korban, maka langkah ini kami lakukan,” tegasnya, di Kayuagung, Senin, (30/3).

Peningkatan status ini, tambah Iskandar, berdasarkan kajian dari berbagai pihak yang melihat tren perpindahan ataupun perjalanan manusia dari luar ke Kabupaten OKI yang terus meningkat. “Yang kita waspadai meningkat transmisi lokal, yakni mereka yang datang dari wilayah zona merah virus Corona. Itu sudah mencapai sekitar 1.400-an orang yang tersebar di kecamatan-kecamatan di Kabupaten OKI,” kata Iskandar.

Meski begitu, Pemkab OKI belum menempuh kebijakan mengunci wilayah atau lockdown. Pemkab akan melakukan pengawasan super-ketat terhadap lalu lintas keluar masuk orang ke Bumi Bende Seguguk melalui jalur darat maupun perairan.

Bupati Iskandar juga meminta kepada masyarakat untuk mematuhi imbauan jaga jarak fisik, termasuk kegiatan yang mengundang keramaian seperti pesta pernikahan, nongkrong di jalan, hingga kegiatan keagamaan yang bersifat mengundang keramaian dan diganti dengan ibadah di rumah. “Ini untuk semua unsur kepercayaan agama, bukan hanya kegiatan keagamaan di masjid, untuk melaksanakan kewajiban agama di rumah,” tegas Iskandar.
(ihs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4087 seconds (0.1#10.140)