RS Pratama Tugu Jaya Disiapkan Jadi ODP Center dan Layanan Darurat Corona

Senin, 30 Maret 2020 - 19:41 WIB
RS Pratama Tugu Jaya Disiapkan Jadi ODP Center dan Layanan Darurat Corona
RSUD di OKI yang Dijadikan ODP Center. Foto/SINDOnews. NovanWijaya
A A A
OGAN KOMERING ILIR - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pratama yang terletak di Desa Tugu Jaya, Kecamatan Lempuing Jaya, Ogan Komering Ilir, akan disiapkan untuk menjadi pusat orang dalam pemantauan atau ODP center dan rumah sakit darurat penanganan virus corona atau covid-19.

Bupati Ogan Komering Ilir H. Iskandar, SE yang mengambil alih langsung komando gugus tugas percepatan penanganan virus corona memastikan kesiapan sumber daya, dan fasilitas kesehatan di wilayah masing-masing untuk ODP center, dan pelayanan masyarakat.

“Kami pastikan kesiapan semua sumber daya, baik itu APD, ODP center serta prioritas kebijakan lainnya. Termasuk kesiapan anggaran penanganan” ungkap Iskandar. ( Baca: Bupati OKI Turun Gunung Komandoi Gugus tugas Penanganan Corona )

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKI, Iwan Setiawan, mengungkap RSUD Pratama Tugu Jaya memiliki kapasitas penampungan 50 tempat tidur yang dilengkapi petugas medis dan alat pelindung diri (APD).

“Ada kapasitas 50 tempat tidur ditambah sekarang sedang disiapkan 10 tempat tidur untuk rawat inap” Jelas Iwan.

Menurut Iwan, penggunaan fasilitas kesehatan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan karena tidak semua ODP bisa dilayani di rumah sakit. “Kita lihat statusnya. Jika bisa isolasi mandiri disarankan isolasi mandiri di bawah pengawasan petugas” kata Iwan. Iwan menambahkan terkait status pasien, tim medis yang akan menentukan. Bila dinyatakan pasien dalam pengawasan (PDP) maka dibawa ke rumah sakit rujukan.
(ihs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7907 seconds (0.1#10.140)