Kebijakan Terkait Mudik Lebaran 2020 Diputuskan Sore Ini

Selasa, 31 Maret 2020 - 06:25 WIB
Kebijakan Terkait Mudik Lebaran 2020 Diputuskan Sore Ini
Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo menegaskan, kebijakan soal mudik Lebaran ditentukan besok sore. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 sekaligus Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo mengatakan, Presiden Jokowi telah melakukan pembahasan secara detail dengan para gubernur terkait kebijakan mudik Lebaran 2020.

“Jadi mohon bersabar dulu, untuk keputusan ini akan dikeluarkan besok sore (hari ini). Siapa yang boleh mudik, siapa yang kira-kira dianjurkan tidak mudik dengan beberapa ketentuan yang nantinya akan dikeluarkan oleh pemerintah,” katanya saat konferensi pers, kemarin.

Dia mengakui saat ini sudah banyak masyarakat yang mudik ke kampung halamannya. Namun, dia menyebutkan beberapa pemerintah daerah sudah melakukan langkah untuk meminimalisasi penyebaran virus Corona.

“Pengalaman yang sudah dilakukan Jawa Tengah, mereka tidak mungkin menolak saudara yang kembali ke kampung halaman, tapi diimbau untuk bersedia melakukan karantina secara personal. Karantina personal, tidak ke luar rumah selama 14 hari,” ujarnya.

Doni menilai langkah untuk mengarantina mandiri setelah mudik adalah tepat. Menurutnya hal ini sangat membantu untuk mengurangi penularan.

“Inikan bagus kalau setiap warga masyarakat yang pulang dari kota besar, berdiam diri, membatasi diri dengan ssosialnya, menghindari salaman, pelukan, apa saja yang secara fisik yang berdekatan. ini akan sangat membantu. Apabila kita bisa melindungi diri kita maka kita akan bisa melindungi yang lainnya,” katanya.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2029 seconds (0.1#10.140)