Ini Provinsi yang Paling Banyak dan Paling Sedikit Puskesmasnya

Kamis, 02 April 2020 - 22:08 WIB
Ini Provinsi yang Paling Banyak dan Paling Sedikit Puskesmasnya
foto/ilustasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Rencana pemerintah yang ingin menjadikan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) menjadi ujung tombak deteksi dini Covid-19, tak lepas dari perseberan layanan kesehatan itu sendiri. Puskesmas memiliki daya jangkau luas karena tersebar hingga tingkat kecamatan, bahkan ada yang sampai ke tingkat desa.

Ternyata, jumlah puskesmas tak merata di seiap provinsi. Ada provinsi yang memiliki banyak, ada juga yang sedikit. Lantas provinsi mana yang banyak dan sedikit memiliki puskesmas itu. ( Baca: Setelah Masuk Zona Merah, Karantina Prabumulih Menunggu Perkembangan )

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan tahun 2019, Jawa Barat merupakan provinsi yang paling banyak memiliki puskesmas. Di Jawa Barat ada 1.069 puskesmas. Banyaknya puskesmas di Jawa Barat tak lepas dari jumlah penduduk di provinsi itu yang mencapai 48 juta jiwa.

Provinsi kedua terbanyak adalah Jawa Timur dengan jumlah 967 puskesmas. Jumlah penduduk di provinsi ini sebanyak 39 juta jiwa.

Provinsi Jawa Tengah menjadi provinsi ketiga dengan jumlah puskesmas sebanyak 881. Jumlah penduduknya sendiri mencapai 34 juta jiwa.

Sumatera Selatan memiliki puskesmas sebanyak 332 unit. Jumlah penduduk di Provinsi Bumi Sriwijaya itu sebanyak 8,26 juta jiwa.

Kalimantan Utara adalah provinsi yang memiliki jumlah puskesmas paling sedikit, yaitu 56 puskesmas. Jumlah penduduk di provinsi itu hanya sebanyak 716.407 jiwa (BPS Kalimantan Utara 2018).
(ihs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3199 seconds (0.1#10.140)