Menggembirakan, 10 Pasien Positif Corona di Sumsel Membaik

Sabtu, 04 April 2020 - 08:35 WIB
Menggembirakan, 10 Pasien Positif Corona di Sumsel Membaik
foto/ilustasi/SINDOnews
A A A
PALEMBANG - Sepulun pasien positif virus corona atau Covid-19 di Sumatera Selatan (Sumsel) yang sudah menjalani perawatan intensif, kini kondisi kesehatannya terus membaik. Hal itu disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Sumatera Selatan, dr. Zen Ahmad.

Dr. Zen, yang juga Ketua Tim Penyakit Infeksi Emerging (PIE) RSMH Palembang, menjelaskan, sejauh ini total ada 12 kasus positif Covid-19 di Sumsel. Dua pasien di antaranya telah meninggal dunia, sedangkan sisanya masih menjalani perawatan intensif di rumah sakit. ( Baca: Positif COVID-19 di Sumsel Tambah 1 Pasien, Total Jadi 12 Orang )

“Tujuh pasien saat ini menjalani perawatan di RSMH Palembang, sementara tiga orang lain di Kota Prabumulih," katanya, Jumat (3/4/2020).

Menurut dr. Zen, meski menjalani perawatan di ruang isolasi, saat ini kondisi pasien baik dan sedang, serta tidak ada pasien yang harus menggunakan alat bantu pernapasan. "Kondisi semua pasien baik, dan berangsur pulih," katanya.

Yusri, juru bicara lainnya, mengatakan hingga saat ini sudah ada 86 sampel spesimen yang diambil dari pasien dalam pengawasan (PDP), orang dalam pemantauan (ODP), dan orang tanpa gejala (OTG). "Hasilnya, 12 sampel dinyatakan positif, 43 sampel negatif, dan 31 sampel masih dalam proses pemeriksaan di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang," kata Yusri.

Kemudian, jumlah PDP totalnya ada 39 orang, namun 24 orang di antaranya sudah sembuh dan dinyatakan negatif Covid-19. Sementara sisa 15 orang lagi masih dalam perawatan. Lalu, jumlah ODP ada 1.375 orang, dari jumlah itu 405 di antaranya sudah selesai masa pemantauan.

“Untuk OPD sendiri paling banyak berasal dari Palembang, Muara Enim, dan Musi Banyuasin (Muba)," jelas Yusri.
(ihs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.8651 seconds (0.1#10.140)