Ada Kelalaian, Pasien Positif Corona di Prabumulih Berkeliaran

Sabtu, 04 April 2020 - 13:45 WIB
Ada Kelalaian, Pasien Positif Corona di Prabumulih Berkeliaran
foto/ilustasi/SINDOnews
A A A
PRABUMULIH - Gugus Tugas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Sumatera Selatan menyesalkan tindakan sejumlah pasien positif corona yang sempat bebas berkeliaran. Pasalnya, aktivitas mereka membahaykan dan membuat heboh warga Kota Prabumulih.

Yusri, Jubir Gugus Tugas itu, menyatakan bahwa sejak awal sudah menginstruksikan agar penanganan pasien yang positif Covid-19 harus dilakukan sesuai dengan SOP yang telah ditentukan.

Namun, menurutnya, kedua pasien kini sudah dievakuasi tim gugus tugas setempat untuk diisolasi sementara di RS Prabumulih. Selanjutnya, mereka akan dipindahkan untuk menjalani isolasi di Wisma Atlet Palembang. ( Baca: Warga Resah, Sejumlah Pasien Positif Corona di Prabumulih Bebas Berkeliaran )

Dia menambahkan, kejadian ini juga dapat menunjukkan potensi adanya gangguan psikis pada pasien yang bersangkutan sehingga nekat melakukan tindakan yang dilarang dan tidak patuh terhadap instruksi yang diberikan. Terlebih, pasien 02 yang telah meninggal dunia karena Covid-19 merupakan suami dari pasien 09.

"Kami akui ada kelalaian. Seharunya dari awal jika tim setempat menilai pasien itu tidak kooperatif, maka saat melakukan isolasi diri harus ada penjagaan di tempat tinggalnya," kata Yusri Sabtu (4/4/2020).

Atas kejadian ini, kata dia, pihaknya juga mengingatkan kepada seluruh gugus tugas di kabupaten atau kota di Sumsel agar dapat lebih mengedepankan SOP dalam penanganan pasien terkait Covid-19, baik itu ODP, PDP, maupun OTG, bahkan setelah ditetapan positif.

Seperti diketahui, Kota Prabumulih dibuat heboh oleh ulah dua pasien yang telah dinyatakan positif terpapar Covid-19. Mereka masih bisa bebas keliling kota. Dan hal ini pun sempat membuat warga di daerah tersebut khawatir.
(ihs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.2771 seconds (0.1#10.140)