Luhut Dikritik Lantaran Sebut Corona Tak Kuat Cuaca Indonesia

Sabtu, 04 April 2020 - 15:51 WIB
Luhut Dikritik Lantaran Sebut Corona Tak Kuat Cuaca Indonesia
Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pernyataan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan yang menyebut virus Corona tak kuat dengan cuaca Indonesia dikritik.

Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie menilai, pernyataan itu menunjukkan Lubut berbicara di luar tugas pokok dan fungsinya. "Kalau kurang paham soal iklim atau Corona lebih baik kasih kesempatan kepada ahli yang menyampaikannya," tutur Jerry kepada SINDOnews, Sabtu (4/4/2020).

Dia menyarankan, pejabat publik jika harus mengeluarkan kebijakan perlu dilakukan terlebih dahulu analisis dan kajian komprehensif. Sehingga, kebijakan hulu tak dibawa ke hilir begitu pun sebaliknya. "Saya lebih setuju LBP getol mendonasikan bantuannya ke korban. Hentikan bicara untung besar tapi masyarakat buntung besar," tutur dia.

Lebih lanjut Jerry menyatakan, pernyataan seorang menteri yang bilang Corona tak kuat dengan Indonesia harus dijelaskan berdasarkan penelitian dari mana. Sebab, pakar Harvard pun menyebut wabah Corona tak berpengaruh dalam iklim panas dan dingin. "Masak muncul statement seperti itu. Berikan input kepada presiden yang tepat dan lugas," ucap Jerry.

Selain itu, Jerry meminta agar semua menteri atau pejabat terkait agar memberikan masukan kepada Presiden secara tepat dan benar. Termasuk, masukan diberikan berdasarkan tugas pokok yang diberikan. "Menurut saya nyawa lebih bernilai dati investasi. Dokter yang meninggal tak dapat diukur dan dibeli dengan uang," tuturnya.
(don)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9474 seconds (0.1#10.140)