alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Negara G-20 Patungan Rp 64 Triliun untuk Temukan Vaksin Corona

Rina Anggraeni
Negara G-20 Patungan Rp 64 Triliun untuk Temukan Vaksin Corona
Sri Mulyani: G-20 Patungan Temukan Vaksin. Foto/Ilustrasi/Dok. SINDOnews

Jakarta - Negara-negara yang tergabung dalam G-20 telah sepakat untuk patungan dana sebesar US$ 4 miliar atau sekitar Rp 64 triliun (kurs Rp 16.000) untuk melawan pandemi covid-19. Dana tersebut di antaranya digunakan untuk menemukan vaksin atau penangkal virus corona.  Kesepakatan itu dicapai dalam pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) luar biasa G-20 yang digelar secara virtual sejak Kamis kemarin (26/3/2020).

“Bersama WHO dan Gavi (Global Alliance for Vaccines and Immunisation), G-20 menyiapkan dana US$ 4 miliar atau sekitar Rp 64 triliun,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani (27/3/2020) lewat channel resminya.  (Baca: Gara-Gara Covid-19 Industri Penerbangan Terancam Bangkrut)

Ani, sapaan sang menteri, melanjutkan, untuk menemukan vaksin itu akan dilakukan kolaborasi seluruh negara. Kelompok negara G-20 menyadari bahwa ancaman covid-19 tidak mengenal batas negara dan telah menimbulkan banyak korban manusia.  Covid-19 tidak lagi hanya menjadi masalah kesehatan, namun juga telah menjadi ancaman kemanusiaan, sosial, ekonomi, dan keuangan dunia.



"Untuk memerangi pandemi covid-19, pemimpin G-20 meminta lembaga internasional WHO, UN, IMF dan World Bank bersama seluruh negara untuk melakukan kolaborasi dan kerja sama kebijakan, instrumen dan langkah penanganan covid-19," tambah Ani.



(ihs)