Ini 5 Provinsi yang Mesti Diwaspadai Terkait Penyerbaran Corona

Sabtu, 28 Maret 2020 - 19:58 WIB
Ini 5 Provinsi yang Mesti Diwaspadai Terkait Penyerbaran Corona
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Data pemerintah mengungkap ada lima provinsi di Indonesia yang memiliki kasus positif corona terbanyak. Provinsi DKI Jakarta menduduki peringkat satu sebagai daerah yang memiliki jumlah kasus positif corona atau covid-19.

Berdasarkan data terbaru dari pemerintah pukul 12.00 WIB, Sabtu (28/3/2020), jumlah kasus positif virus corona di DKI Jakarta bertambah 38 orang dari data sebelumnya menjadi 627 orang. Sementara jumlah pasien yang meninggal dunia di DKI Jakarta karena covid-19 bertambah 11 orang menjadi 62 orang. Sedangkan yang sembuh bertambah 12 menjadi 43 orang.

Jawa Barat menjadi provinsi tertinggi kedua ditemukannya kasus covid-19. Kasus positif virus corona di Jawa Barat sudah menjadi 119 orang. Sedangkan warga Jawa Barat yang meninggal dunia akibat virus corona sebanyak 17 orang. Adapun warga Jawa Barat yang sembuh dari virus corona bertambah satu orang menjadi enam orang. ( Baca: Pimpinan MPR Desak Pemerintah Pusat Lakukan Lockdown )

Di urutan ketiga ada Provinsi Banten. Jumlah kasus positif virus corona di Banten bertambah 10 orang menjadi 103 orang. Sementara jumlah yang sembuh dan meninggal tidak bertambah, satu orang sembuh dan empat orang meninggal.

Posisi keempat ditempati oleh Provinsi Jawa Timur. Jumlah kasus positif covid-19 di wilayah Gubernur Khofifah Indar Parawansa ini bertambah 11 orang menjadi 77 kasus. Sedangkan jumlah yang sembuh tidak ada perubahan, masih delapan orang. Begitu pula juga dengan data yang meninggal dunia di Jawa Timur, tidak perubahan, masih empat orang.

Di urutan kelima tertinggi adalah Provinsi Jawa Tengah. Jumlah kasus positif Covid-19 di Jawa Tengah bertambah 12 orang dari data sebelumnya menjadi 55 kasus positif covid-19. Sementara pasien yang sembuh hingga saat ini tidak ada di Jawa Tengah. Sedangkan, yang meninggal dunia bertambah satu kasus menjadi tujuh orang meninggal.

Sebelumnya, Juru Bicara Pemerintah khusus untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto mengungkapkan total kasus positif Covid-19 di Indonesia hingga Sabtu 28 Maret 2020 menjadi 1.155. Sedangkan total kematian bertambah menjadi 102 orang, sembuh menjadi 59 orang.

"Bahwa kasus positif masih berada di tengah-tengah masyarakat, bahwa kontak dekat masih terjadi, bahwa kebiasaan mencuci tangan dengan menggunakan sabun masih belum dimaksimalkan," katanya dalam konferensi pers, Sabtu (28/3/2020).
(ihs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 6.0979 seconds (0.1#10.140)